NVDIA Jetson Nano Headless

, , Leave a comment

Jetson Nano tidak mensupport monitor VGA, akibatnya adapter VGA-HDMI yang berfungsi baik untuk Pi tidak dapat menampilkan gambar apapun pada layar monitor VGA jika digunakan oleh Jetson. Jetson Nano hanya mensupport monitor dengan native HDMI, meskipun monitor 3.5 inch. Akibatnya TV saya gunakan sebagai monitor, meskipun terlalu besar dan tidak nyaman di mata.

Opsi menggunakan headless (=artinya beroperasi tanpa display) sangat mungkin dilakukan di Jetson Nano. Ada tiga cara dari dalam Windows PC yaitu dengan PuTTY dan VNC Viewer dan untuk file access dengan WinSCP. Terhubung melalui SSH dengan PuTTY sangat mudah karena pada host PC/linux kita hanya perlu mengetahui IP address dari Jetson Nano dan langsung terhubung.

Koneksi melalui PuTTY sudah sangat cukup jika kita hanya menggunakan Jetson untuk keperluan install atau transfer learning yang memang kebanyakan dilakukan denga command line. Namun jika kebutuhan kita adalah desktop environment, maka yang dibutuhkan adalah VNC Viewer yang perlu diinstall terlebih dahulu pada PC.  Untuk menggunakan VNC Viewer, openvino sudah terinstall kedalam linux, untuk memastikannya check dengan sudo apt install vino.

Untuk menginisiasi buatlah sebuah file yang diberi nama openvino

#!/bin/bash
export DISPLAY=:0
gsettings set org.gnome.Vino enabled true
gsettings set org.gnome.Vino prompt-enabled false
gsettings set org.gnome.Vino require-encryption false
/usr/lib/vino/vino-server &

Dan setelahnya jadikan file openvino sebagai executable

chmod +x openvino
./openvino

Ketikkan IP Address dari Jetson Nano pada layar VNC dan tunggu beberapa saat hingga terhubung. Performa tidak memuaskan, lagginya sangat terasa. Tapi masih dibilang lumayan ketimbang tidak sama sekali.

Ketiga yaitu dengan menggunakan WinSCP untuk bertukar file dengan Jetson Nano. Caranya juga sangat mudah seperti halnya menggunakan PuTTY. Dan setelah kita masukkan user dan password, maka file dalam Jetson dapat diakses dengan sangat mudah.

Ketiga cara tersebut bisa dilakukan dengan satu syarat, yaitu baik host (PC) dan client (Jetson) berada pada satu network yang sama. Jika Jetson dalam keadaan offline, maka kita butuh cara lain yaitu dengan menggunakan USB-TTL cable yang terhubung pada header J44 untuk UART

Dengan setup headless maka bekerja dengan Jetson Nano bisa dilakukan dengan lebih nyaman, tanpa harus melihat monitor TV yang bisa melelahkan mata dengan cepat. Terima kasih sudah membaca dan apabila belum, mohon share, like dan subscribe blog ini agar dapat terus menghasilkan artikel-artikel bermanfaat lainnya.

 

Reference:

“https://devtalk.nvidia.com/default/topic/1048925/jetson-nano/vga-compatible-/”

“https://devtalk.nvidia.com/default/topic/1056629/jetson-nano/jetson-nano-vnc-headless-connections/”

 

 

 

 

Facebook Comments
 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.