M5Stack Gadget

, , Leave a comment

Halo selamat datang kembali di andidinata.com. M5Stack adalah salah satu development board yang paling lengkap karena sudah terintegrasi dengan display, button, sd card reader, speaker, GPIO headers dan battery. Saya pernah mengulas first impressionreviewnya pada tulisan (link). Selama ini saya gunakan M5Stack sebagai playground untuk coding micropython karena kepraktisannya. Namun kali ini saya sedikit melenceng dari kebiasaan karena tertarik untuk mencoba sebuah firmware berbasis Arduino yang bernama MultiApp-Advance. Yaitu sebuah firmware yang sangat luar biasa karena program arduino dapat dijalankan on the fly, tanpa proses flashing atau rebooting.

MultiApp-Advance ini adalah sebuah sketch besar yang terdiri dari gabungan berbagai macam program di bawah ini sehinga membuat M5Stack menjadi sebuah gadget multifungsi.

Dual Channel Oscilloscope
WebRadio
Weather Station (Wunderground)
WebServer with web based SD File manager
SD Browser
Wifi Packet Monitor
Wifi Scanner
I2C Scanner
DHT Sensor reader (Pin 17)
Stopwatch
Games (Tetris, Flappy Bird, Space Shooter)
System Informations (CPU, Heap, SPIFFS, MAC, IP Addr)
Wifi Connection (Smart Config, WPS, AP/STA/OFF Mode)
Display Backlight Settings (Save on restart)

MultiApp-Advance sekilas serupa dengan project M5Stack SD Uploader, namun tidak sama. Pertama, setiap sketch dijalankan dengan cara flashing (cara yang sama dilakukan untuk sistem Gamebuino). Sehingga proses untuk masuk ke dalam aplikasi menjadi lebih lama, begitu juga dengan proses keluar untuk kembali ke program uploader. Kedua, SD Uploader tidak dapat memodifikasi custom partition pada ESP32, sehingga sketch yang besar (> 1.3 MB) akan menemui masalah. Ketiga, baik MultiApp-Advance dan SD Uploader sama-sama menggunakan SD card untuk penyimpanan, bedanya, SD Uploader menggunakannya untuk menyimpan sketch yang akan diupload, sedangkan MultiApp-Advance menggunakannya untuk menyimpan file media (JPG, MP3) dan user configuration (radio station list dan weather parameters) dalam bentuk text file.

Pengembangnya akan terus melanjutkan project ini dan menambahkan program-program lain. Saat firmware baru dirilis dan tersedia di komputer kita, maka kita dapat mengupdate firmware di M5Stack secara OTA (=Over the Air).

Berikut ini beberapa photo gallery MultiApp-Advance

Untuk instalasi, cukup mudah jika sudah memiliki Visual studio dan Plaftorm IO Extension. JIka belum, maka kedua hal tersebut harus diinstall terlebih dahulu. Instruksi yang jelas dapat dilihat pada link source dibawah tulisan ini.

Untuk menghubungkan dengan wifi, cara paling mudah adalah menggunakan aplikasi android ESP8266 SmartConfig yang bisa didownload di PlayStore. Masukkan SSID dan WPA Key lalu klik confirm, tunggu beberapa saat dan M5Stack akan terhubung dengan network.

Pada dasarnya MultiApp-Advance bisa dijalankan di sistem ESP32 manapun, tidak harus M5Stack. Namun demikian, sistem tersebut perlu disesuaikan agar menyerupai M5Stack agar firmware ini dapat dijalankan Menurut saya firmware ini menginsipirasi untuk membuat hal yang serupa dengan micropython, selain itu bisa mulai mempelajari Oscilloscope.

Sekian tulisan saya, terima kasih sudah membaca dan mohon dukungan untuk memberikan like dan share. Semoga bermanfaat.

 

Source:

“https://github.com/botofancalin/M5Stack-MultiApp-Advanced”

“https://github.com/tobozo/M5Stack-SD-Updater”

Facebook Comments
 

Leave a Reply