Makerbuino on TV

, , Leave a comment

Halo selamat datang kembali di andidinata.com. Saya mencoba satu tutorial singkat untuk membuat game di maker/gamebuino dapat ditampilkan di televisi. Source dari tutorial ini terdapat ada pada link dibagian bawah. Makerbuino menggunakan chip ATmega328 yang hampir seluruh pinnya sudah habis digunakan untuk display, tombol, modul sd card, speaker dan potensiometer untuk volume dan brightness. Padahal untuk menampilkan  video output, pin A0 dan A1 diperlukan untuk mengeluarkan sinyal video dan sync. Untuk itu diperlukan chip ATmega328 kedua demi melakukan pekerjaan itu sebagai “video adapter”.

Untuk praktisnya, saya menggunakan Arduino Nano yang sudah komplit, daripada membuat konstruksinya sendiri diatas breadboard. Beberapa tahapan ini yang perlu kita lakukan.

Tahap 1. Upload sketch TVOut ke dalam Arduino terlebih dahulu. Download sketch tersebut lalu upload dengan Arduino IDE

Tahap 2. Membuat rangkaian antara makerbuino dengan arduino nano ‘video adapter’

Rangkaian antara makerbuino dan “adapter” digambarkan dibawah ini. Dimana interface makerbuino dilakukan dari port ICSP (in-circuit serial programming) menuju beberapa pin dari Arduino Nano adapter. Detil koneksinya sebagai berikut:

Makerbuino ICSP port | Arduino Nano “Adapter” |

VCC   ==  5V

GND  == GND

MOSI == D11

SCK   == D13

Arduino Nano “Adapter” | RCA Jack |

A0     == Sinyal

A1     == Sinyal

GND == GND


Tahap 3. Sambungkan kabel video ke TV. Nyalakan makerbuino dan selesai sudah, layar Nokia 5110 akan dimirroring ke layar televisi kita. Program TVOUT.ino memang masih mengandung bug syncronization. Gambar yang ditampilkan sering tidak align, untuk mengatasinya, cukup tekan tombol reset dari arduino nano adapter hingga gambar kembali bagus. Hasil akhirnya bisa dilihat dari video instagram dibawah ini. Hasilnya mantab, memainkan game 8-bit di layar besar

 

Sekian tulisan dari ini semoga bermanfaat. Mohon dukungan dengan memberikan like, komentar dan subscribe blog ini. Terima kasih dan sampai bertemu kembali ditulisan berikutnya.

 

Source:

“http://legacy.gamebuino.com/forum/viewtopic.php?f=16&t=2272&start=20”

Facebook Comments
 

Leave a Reply