Tips micropython-ning

, , Leave a comment

Halo selamat datang kembali di andidinata.com. Pada kesempatan kali ini saya membagikan apa yang saya lakukan saat melakukan coding micropython. Cara ini saya gunakan agar waktu development berjalan efektif, tidak membuat frustasi dan lekas selesai.

Setup table yang paling nyaman

mulai dari posisi duduk, meja, pencahayaan. Lalu mouse dan keyboard yang enak dan posisi layar yang cukup lebar. Ini adalah setup saya. Saya menggunakan Raspberry Pi 3 dengan Official 7″ Touch Display, keyboard dan mouse Logitech. Micropython ada di dalam ESP8266 yang terbungkus dengan 3D print case. LCD display yang terhubung dengan ESP8266 juga memudahkan kita melihat efek langsung dari coding kita.

 

Aplikasi yang digunakan

Micropython tidak berjalan dikomputer kita, tapi berjalan langsung di board ESP8266. Kita perlu melakukan direct testing dan file transfer ke board. Kalau kamu menggunakan Windows, kamu bisa mendownload uPyCraft IDE. Kalau menggunakan linux, saya menggunakan tiga aplikasi ini.

IDLE3 – antarmuka Python 3 untuk membantu coding dan find debug

AMPY – utility dari Adafrut untuk run micropython script langsung di board tanpa harus mengcopykannya terlebih dahulu. Setelah selesai, baru mengcopykan script tersebut ke dalam ESP8266

PICOCOM – untuk terhubung dengan micropython shell melalui serial. Gunanya untuk testing program atau modul yang hanya ada di micropython.

Dengan kedua cara ini, development micropython bisa dilakukan dengan cepat.

Sekian sharing tips singkat dari saya, semoga berguna. Mohon dukungannya dengan memberikan like, share dan subscribe ke blog ini. Sampai berjumpa kembali di tulisan berikutnya. Terima kasih

Facebook Comments
 

Leave a Reply