Little Gadget 2 – Build

, , 2 Comments

Selamat datang kembali di blog andidinata.com. Kali ini saya membagikan pengalaman sebuah project yang bisa dikembangkan sesuka dan sejauh kita inginkan. Untuk tahap awal, waktu yang saya butuhkan untuk menyelesaikan ini cukup lama, sekitar 1-2 jam hampir setiap hari, di weekdays atau weekend selama 2 mingguan. Project ini awalnya hanya sebatas untuk menyambungkan NodeMCU dengan Nokia 5110 LCD Display dan DHT-11 sebagai solusi IoT thermometer digital dan trend monitoring karena terdorong rasa sayang (lebih tepatnya waste of resource) jika urusan begitu dikerjakan oleh Pi Zero. Pi Zero bisa lebih berguna lagi ketimbang hanya untuk ngurusin kerjaan seperti itu terlebih lagi harga Pi Zero yang mahal. Oleh karena itu tugasnya dipindahkan ke kelas microcontroller, komputer mini nya disimpan untuk resep yang lebih kompleks.

Daftar belanja untuk project ini sebagai berikut:
NodeMCU (ESP8266) ~ Rp. 55,000
Nokia LCD 5110 ~ Rp. 40,000
DHT-11 ~ Rp. 25,000
Accelerometer ADXL345 ~ Rp. 35,000
PushButton 12 mm ~ Rp. 1,500
Toggle switch mini ~Rp. 3,500
Protoboard ukuran 5×7 cm ~ Rp. 3,500
LiPo Charger 1A TP4056 +DW01 ~ Rp. 9,000
Baterai HP bekas ~ Rp. 0, alias tidak bayar

Accelerometer 3-axis ADXL345 tidak masuk dalam daftar belanja awal. Penambahan sensor ini sebenarnya ditrigger setelah menonton videonya Damien George di acara PYCON Australia 2017 yang mendemonstrasikan penggunaan accelerometer di Pyboard bikinannya. Lagi-lagi, harga Pyboard yang mahal (belum ongkir), membuat saya berpikir kira-kira sensor accelerometer apa yang sudah disupport yang saya bisa integrasikan kedalam project ini sehingga tidak perlu membeli Pyboard. Setelah googling, maka munculah sensor dari produsen Adafruit yang berbasis chip ADXL345.

Tapi jujur saya, saya masih kepengen punya Pyboard, dalam rangka untuk mensupport kerja keras yang mereka telah dan terus lakukan untuk membawa micropython ke dunia microcontroller yang sudah memudahkan banyak orang.

Ide yang ada dibenak saya adalah sebuah gadget dengan berbagai macam program yang diakses melalui menu. Navigasi menu dilakukan dengan sederhana oleh satu push button. Short press untuk navigasi dan long press untuk selection. Untuk membangun sebuah sistem, maka design layout menjadi penting. Saya menghabiskan cukup waktu untuk mendapatkan layout yang paling pas untuk menghasilkan sistem yang compact yaitu semua komponen bisa ditampung di luasan bidang 5×7 cm.

Proses penyiapan layout tidak bisa dipisahkan dari pola/jalur wiring yang diinginkan. Design diatas sudah mempertimbangkan setidaknya dua hal. Pertama kemudahan koneksi antar masing-masing modul sensor atau LCD display dengan I/O pin NodeMCU. Kedua tentang kepraktisan. Hal kedua ini membutuhkan bayangan kira-kira nanti bagaimana kita akan menggunakannya. JIka tidak dipertimbangkan, bisa jadi akan muncul masalah terkait kepraktisan penggunaannya. Merubah apapun diatas kertas lebih mudah daripada membongkar solder yang sudah mengeras. Karena alasan itulah saya menghabiskan waktu yang cukup untuk mendapatkan layout yang paling pas.

Wiring untuk masing-masing komponen ke I/O pin bisa dilihat pada tabel berikut ini:

Dari tabel diatas kita bisa melihat bahwa LCD meng-consume I/O pin paling banyak dari modul input lainnya. Sehingga pada saat ADXL345 harus berbagi pin dengan DHT-11 dan Push Button. Pin sharing ini memungkinkan untuk dilakukan karena pada saat DHT-11 digunakan, saya tidak memerlukan sensor ADXL345. Begitu juga saya tidak perlu input dari PushButton pada saat ADXL345 digunakan.

Karena keterbatasan Pin I/O dari NodeMCU inilah, maka tidak ada tempat lagi untuk melakukan ekspansi hardware dengan menjejalkan sensor-sensor lainnya. Sehingga ekspansi yang masih bisa dilakuan adalah dari sisi software untuk memenuhi flash memori 4MB yang sudah disediakan oleh NodeMCU. Berikut ini adalah real implementasi dari layout sisi belakang dan depan.

Saat ini beberapa program yang sudah dikembangkan dalam little gadget ini adalah.

Menu
--| Clock                #jam digital sevensegment style
--| Sensor               #submenu
-----| T&RH              #Temp dan RH offline
-----| T&RH ThingSpeak   #Temp dan RH online
-----| Motion            #Accelerometer demo test
-----| Pedometer         #Aplikasi olahraga untuk menghitung jumlah langkah
-----| Level             #Aplikasi waterpas
--| Timer                #Timer sevensegment style
--| Counter              #Tally counter sevensegment style
--| Notes                #Semua catatan nomor ini itu

Dalam posting selanjutnya saya akan menuliskan bagaimana mengaktifkan masing-masing sensor dan juga display dengan micropython. Sehingga kamu yang tertarik dapat membuatnya sendiri.

Terima kasih telah membaca, mohon dukungan dengan cara like dan share tulisan ini jika bermanfaat. Sampai bertemu kembali lanjutan tulisan berikutnya.

 

Facebook Comments
 

2 Responses

Leave a Reply