First Impression LCD Waveshare 3.5 Inch IPS HDMI OSD

, , Leave a comment

Halo selamat datang kembali di andidinata.com. Kali ini saya akan mengulas tentang satu lagi LCD add-on untuk Raspberry Pi, yang berukuran 3.5 Inch. Belum lama saya mereview LCD 3.5 merek KeDeI, dan sekarang saya melihat ada LCD yang lebih bagus lagi dari KeDeI. Fitur panjang dari LCD ini menambah kekaguman saya terhadap fungsi yang ada di layar yang mungil ini. Sebelum itu, kenalan terlebih dahulu dengan LCD dengan nama panjang ini.

Waveshare LCD ini memiliki kesamaan dengan KeDeI seperti besaran resolusi, frame per second dan audio jack 3.5 mm onboard yang saya review dalam tulisan yang berjudul LCD HDMI 3.5″ inch Kedei – First Impression. Interface ke Raspberry Pi adalah HDMI dengan U-connector yang sudah disertakan dalam paket sehingga tinggal plug and play saja. Kita tidak perlu melakukan instalasi driver apapun.

Jika kita ingin menggunakan touch screen dari LCD, kita tinggal melakukan setup dan kalibrasi saja dari controller XPT2046 nya. Link tutorialnya saya sediakan di bagian bawah tulisan ini.

Berikut ini perbandingan antara LCD KeDeI dan Waveshare:

  1. GPIO interface KeDeI menurut saya lebih baik, karena hanya mengcover pin yang perlu saja yaitu power rail 5v dan SPI. Sehingga pin diantaranya bisa disambungkan dengan sensor misalnya dengan mudah. Untuk Waveshare yang memblok semua GPIO dari 5v sampai SPI membuat koneksi dengan GPIO yang tidak semudah KeDei, tapi masih bisa  dilakukan dari sisi bawah Raspberry Pi board, dengan solder.
  2. Power inlet antara KeDeI dan Waveshare punya posisi yang berbeda. KeDeI ada disamping dan Waveshare di satu sisi yang sama dengan semua port
  3. Backlight switch on/off dilakukan dengan toggle switch di KeDeI, tapi di Waveshare dengan tactile switch. Tidak ada beda secara fungsi, tapi Waveshare lebih bagus dari sisi estetika.

Selain itu, hal yang membedakan LCD Waveshare dari KeDeI adalah teknologi layar IPS (In-plane switching) dan OSD (On-screen display). IPS mengeliminasi keterbatasan dari LCD konvensional yang membuat reproduksi warna berkurang saat viewing angle berubah banyak. Dengan IPS, display ini tetap menampilkan warna yang baik dari sudut manapun kita melihatnya.

Perbedaan terakhir adalah adalah adanya OSD di Waveshare. OSD ini sangat membantu kita yang ingin memiliki kontrol penuh dari display, sehingga keberadaan OSD ini memungkinkan kita untuk menyesuaikan dengan tingkat kenyamanan kita atau kondisi sekitar dimana Raspberry Pi dan display ini digunakan nantinya. Dengan adanya OSD, maka modul display ini memiliki 5 tombol disisi samping. Yaitu backlight on/off, tombol untuk mengakses menu, tombol untuk navigasi up/down, left/right dan terakhir return/exit. Berikut ini berbagai macam pengaturan yang bisa dilakukan langsung tanpa setting di software.

Kedua fitur tambahan ini yang saya sangat apresiasi dari LCD Waveshare ini karena sangat memudahkan kita untuk menyesuaikan dengan apa yang kita mau. Limitasi dari produk sebelumnya diselesaikan oleh LCD ini. Memang dengan fitur yang baik, harganya juga lebih tinggi dari LCD KeDeI atau terlebih lagi dari LCD dengan interface SPI yang lemot dan ribet. Saya sudah mencoba dan menggunakan semua LCD tersebut sehingga bisa membagikan pengalaman ini.

LCD ini bisa dicari ditokopedia melalui link ini

https://www.tokopedia.com/tinypc/waveshare-3-5-inch-ips-hdmi-osd

Sekian review singkat ini, semoga berguna. Silahkan like, subscribe dan share tulisan ini. Sampai jumpa kembali pada tulisan berikutnya.

Link:

Setup dan Kalibrasi Touchscreen LCD 3.5″

 

 

 

Facebook Comments
 

Leave a Reply