Virtual Keyboard dan Screen Brightness RPi 7″ Touchscreen Display

, , Leave a comment

Halo, selamat datang kembali di andidinata.com. Masih seputar official Raspberry Pi 7″ touchscreen display, pada kesempatan ini saya mempelajari dua hal yang akan menambah kenyamanan dalam menggunakan display asli dari Raspberry Pi Foundation. Pertama adalah instalasi on screen keyboard dan kedua adalah instalasi pengaturan brightness.

Pertama. Onscreen keyboard Matchbox

Ikuti link yang saya sediakan dibagian bawah dari tulisan ini. Menurut saya, tutorial tersebut yang paling lengkap hasil akhirnya karena disertai dengan petunjuk membuat application shortcut di taskbar seperti gambar dibawah ini.

Saat di click, maka muncul onscreen-keyboard seperti dibawah ini.

Untuk mendapatkan layout seperti diatas, kita perlu sedikit merubah syntax eksekusi matchbox

sudo nano /usr/bin/toggle-matchbox-keyboard.sh

tambahkan argumen -s 100 extended seperti gambar dibawah ini.


Dengan resolusi display yang kecil, sebenarnya tidak begitu nyaman saat menggunakan onscreen keyboard ini untuk mengetik dalam jumlah banyak. Tapi untuk input sesekali saja, menurut saya sudah oke.

 

Kedua. Screen brightness adjustment

Raspberry Pi 7″ touchscreen display ini tidak dilengkapi dengan pengatur kecerahan (brightness) dari backlight. Tapi jangan khawatir, saya menemukan satu sumber yang sangat berguna untuk menyelesaikan masalah ini sehingga tingkat kecerahan layar bisa diatur sesuai dengan kondisi yang kita inginkan, redup atau terang benderang. Mengatur kecerahan berarti juga dapat mengatur agar baterai bertahan lebih lama.

Ikuti panduan singkat ini:

git clone https://github.com/linusg/rpi-backlight.git
cd rpi-backlight
sudo python3 setup.py install
sudo nano /etc/udev/rules.d/backlight-permissions.rules

lalu tambahkan baris ini, kemudian save

SUBSYSTEM=="backlight",RUN+="/bin/chmod 666 /sys/class/backlight/%k/brightness /sys/class/backlight/%k/bl_power"

Untuk mengeksekusinya saya lebih suka dengan gui. Dari prompt ketikkan:

sudo rpi-backlight-gui

Untuk mempermudah dan mempercepat pengaturan saya membuat shortcut di application panel dengan icon sehingga setiap kali hendak merubah tingkat brightness, tinggal tap saja dan geser ke tingkat brightness yang kita kehendaki, praktis. Sayangnya cara ini hanya berlaku untuk Raspberry Pi 7″ touchscreen, tidak untuk LCD lainnya. Karena driver screennya bisa dikendalikan dengan python library.

Sekian tulisan kali ini dan terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi. Silahkan comment, subscribe dan share tulisan ini. Sampai berjumpa kembali pada tulisan berikutnya.

source:

“http://ozzmaker.com/virtual-keyboard-for-the-raspberry-pi/”

“https://github.com/linusg/rpi-backlight”

 

Facebook Comments
 

Leave a Reply