Review RPi PowerPack

, , Leave a comment

Halo, selamat datang kembali di blog andidinata.com. Sebagian besar dari kita menginginkan hasil project kita portabel tanpa kabel bersliweran atau power bank ngikut kemana-mana. Solusinya adalah dengan menggunakan baterai.

Ada berbagai macam solusi baterai untuk Raspberry Pi. Yang saya pernah gunakan adalah baterai 18650. Hal ini membutuhkan rangkaian yg sedikit panjang untuk mencapai 5 volt dan ampere  yang dibutuhkan. Tapi belum begitu puas dengan hasil akhirnya. Saya sering mupeng kalau lihat video adafruit dengan baterai dan powerboost nya yang menggiurkan. Sampai saya browsing di AliExpress dan menemukan satu produk ini RPi PowerPack. Saya bagi reviewnya menjadi tiga bagian. Pertama tentang modul itu sendiri, instalasi dan performance.


Pertama, fitur modul ini antara lain:

  • JST Connector
  • Micro usb port untuk charging
  • Toggle switch untuk on/off power ke Raspberry Pi (bukan shutdown)
  • Chip charge booster
  • 2 USB Connector sebagai power outlet ke Raspberry Pi.
  • Led indikator untuk power berwarna hijau
  • Led indikator untuk charging (merah: charging, off: done)


Di balik board terdapat satu baterai dengan kapasitas jumbo 3800 mAH. Untuk pemasangan paketnya termasuk brass stand-off dan skrup. Kabel micro usb juga termasuk dalam paket.

Terakhir, harganya 9.64 USD saja (~Rp. 129,000). Link toko ada disini. Dan saat saya beli, barang ini bebas ongkir. Sejauh ini, valuenya sudah jauh melebihi ekspektasi

http://s.aliexpress.com/Qf6ZZNNJ
Kedua, berikut ini salah satu contoh pemasangan dengan Raspberry Pi. Spacernya sudah disesuaikan yaitu M2.5 jadi sudah pas dengan format Pi.


Untuk memperingkas bentuk, saya tidak menggunakan kabel micro usb yang telah disediakan. Saya prefer menggunakan kabel yang saya solder dari pin + dan – dari USB port modul dan selanjutnya disambungkan ke test pad PP2 untuk sisi + dan PP5 untuk -. Kedua test pad tersebut berada persis dibawah port micro usb Pi. Dengan begitu saya merasa lebih aman karena power yang masuk ke Pi masih melalui voltage regulator meskipun, voltage dari modul sudah aman. Secara penampilan, bentuknya pun jadi lebih compact.

Saat digabungkan dengan Pi seperti ini, berat gabungannya menjadi sangat signifikan. Sedikitnya berat total sekitar 300 gram.


Ketiga, performance. Baterai ini mampu mengantarkan power yang dibutuhkan oleh Raspberry Pi 3 untuk berfungsi tanpa masalah. Saya belum mengukur besaran amperenya. Menurut spec besarnya 1.8 Ampere. Ampere segini sudah saya buktikan tidak ada masalah dengan penggunaan LCD 3.5 inch. LCD terang, suara bagus dan tidak ada tanda petir. Saya belum ukur daya tahan baterai berkapasitas 3800 mAH, apakah seharian atau lebih. Memang tergantung dari jenis pekerjaan dan lamanya. Satu lagi, modul ini bisa mencharge sambil digunakan (seperti HP).

Saya membeli 2  modul baterai ini. Dan langsung merubah susunan Retropie Gam Console dan DIY Pocket IR Camera yang nanti akan saya tulisan secara terpisah. Produk ini bisa didapatkan di tokopedia dari link berikut ini https://www.tokopedia.com/tinypc/rpi-powerpack-v-1-2

Sekian review dari saya, semoga bermanfaat. Silahkan like, share dan subscribe blog ini. Sampai berjumpa kembali di tulisan berikutnya.

Facebook Comments
 

Leave a Reply