Pi + Mini Amplifier PAM8403

, , Leave a comment

Halo, selamat datang kembali di blog andidinata.com. Topik tulisan kali ini adalah penyempurnaan dari project game retropie dari posting yang berjudul another potable game project. Yang ditambahkan dari project tersebut adalah mini amplifier PAM8403 sehingga kita bisa memiliki on-board speaker agar bermain game menjadi lebih seru.

Tanpa amplifier, mustahil bisa keluar suara yang kencang dari speaker yang ditancapkan ke AV Jack Raspberry Pi. Di pasaran, terdapat dua jenis board mini amplifier PAM8403. Yang saya sebut sebagai “basic” adalah sekeping kecil board dengan breakout. Kelebihan dari basic adalah ukurannya yang kecil dan tipis. Volumenya diatur dari sisi input. Kelebihan kedua adalah harganya yang sangat murah, sekitar Rp. 4,000 saja.

PAM8403 “basic”. pengaturan volume dari input

 

Yang saya pilih adalah varian yang kedua karena sudah dilengkapi dengan potentiometer untuk mengatur volume dari sisi output (max 3 watt speaker). Dengan varian yang seperti ini, saya hanya set volume dari alsamixer dititik maksimum, dan selanjutnya saya gunakan potentiometer untuk mengatur volume yang keluar. Harga lebih mahal dibandingan versi basic, yaitu sekitar Rp. 15,000.

 

Untuk speaker saya tidak membelinya, tapi mengambil dari GPS mobil yang sudah rusak, bentuknya kecil dan tipis. Memang tidak besar, tapi cukup untuk mengeluarkan suara yang lebih kencang dan punya kesan ‘retro’.

Power untuk mini amplifier ini saya ambilkan dari pin 5 volt dan input mini amplifier ini berasal dari test pad no 24. Lihat posting saya yang berjudul Hack-It No AV Cable no Problem untuk menemukan test pad tersebut.

Hal terakhir yang saya lakukan adalah memastikan output audio hanya dari AV Jack saja supaya suara bisa keluar ke speaker. Hal ini perlu saya lakukan karena saya menggunakan display 3.5 inch dengan interface HDMI. Baca posting saya yang berjudul LCD HDMI 3.5 inch KeDei First Impression mengetahui LCD ini lebih lanjut.

Hasilnya bisa dilihat dari posting instagram dibawah ini.

 

 

 

Sekian posting saya, semoga bermanfaat. JIka suka posting ini, silahkan like dan share. Apabila ingin mendapatkan notifikasi posting, silahkan subscribe ke blog ini. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

 

Facebook Comments
 

Leave a Reply