Project Little Gadget ESP8266

, , Leave a comment

Rehat sejenak dari Raspberry Pi, saya mengerjakan project dengan ESP8266 yang sudah sekian bulan ditinggalkan. Project ini saya sebut sebagai Little Gadget yaitu sebuah gadget kecil dengan berbagai fungsi didalamnya. Seperti syarat gadget pada umumnya, Little Gadget harus portabel, mobile, ringkas dan multifungsi.

Bahan:

1x ESP8266 NodeMCU (Rp. 55,000)

1x Protoboard 5×7 cm double layer (Rp. 5,500)

1x MAX7219 Led Matrix module (Rp. 20,000)

1x Male header 5 pin

4x Tactile switch (Rp. 300/pc)

1x Toggle switch (Rp. 300)

1x Lithium charging module 5 volt (Rp. 12,000)

1x Battery 3.7 volt 600 mAh (ambil dari speaker wireless buatan China)

Untuk menghasilkan gadget yang compact, maka gambar perencanaan menjadi penting. Saya menghabiskan banyak waktu untuk menggambar dan mencocokan antara gambar dan bahan-bahan dalam posisinya dan melakukan revisi jika diperlukan. Hasil akhir sebuah Little Gadget adalah seperti ini.

Protoboard berada ditengah, dijepit oleh komponen-komponen besar. Dengan cara ini, gadget akan terlihat rapi. Berikut ini adalah tahapan untuk konstruksi fisik

  1. Pasang semua push button lalu solder setiap kaki
  2. Pasang toggle switch lalu solder
  3. Pasang lithium charger module pada satu sisi yang sama dengan push button
  4. Sambungkan baterry dan test apakah toggle switch berfungsi
  5. Lepas bagian led matrix dari modul dan pasang langsung di protoboard. Lakukan penyesuaian kaki-kaki led matrix agar bisa masuk ke protoboard.
  6. Solder male header pada modul MAX7219
  7. Pasangkan bagian led matriks dengan modul MAX7219 dari sisi bawah. Lakukan dengan sabar hingga keenambelas pin led masuk ke headernya dan kelima header pin masuk ke protoboard. Sabar saja untuk hasil akhir yang rapi.
  8. Pasang ESP8266 dan solder sesuai dengan wiring diagram.

Untuk wiring diagram, ikuti bagan berikut ini.

Pada hasil akhir akan ada dua port micro usb, satu untuk charge baterai dan satu lagi untuk serial connection.

Toggle switch hanya berfungsi untuk on/off dari baterai. Saya letakkan disisi kiri. Dengan ini, kolong dibawah ESP8266 masih bisa digunakan. Jika tidak, maka space protoboard yang sempit akan habis.

Sampai disini, konstruksi fisik selesai dengan hasil permukaan atas berada satu level (tidak ada bagian yang terlalu tinggi) begitu juga dengan sisi bawah, ketinggian permukaan sama. Hal ini yang membuat Little Gadget menjadi rapi dan ringkas.

Tahapan selanjutnya adalah mempersiapkan micropython di ESP8266 dan coding.

Dengan adanya tactile switch berjumlah empat, saya bisa mengeksekusi berbagai macam python script. Berikut ini adalah menu tree dari Little Gadget dengan script untuk berbagai macam fungsinya.

main.py
--| menu.py
----|submenu_clock.py
--------| unusual_clock.py
--------| digiclock.py
----| counter.py
----| submenu_game.py
--------| usnake.py
--------| micropong.py
----| submenu_anim.py
--------| xmas.py
--------| newyear.py
--------| rand_dots.py
--------| fireworks.py

Little Gadget ini saya gunakan sebagai jam, tally counter, countdown timer, bermain game retro dan melihat animasi-animasi interaktif. Catatan khusus untuk jam, ESP8266 NodeMCU tidak memiliki RTC sehingga untuk mendapatkan waktu yang akurat saya gunakan ntptime. Dan karena presisi clock ESP8266 tidak baik, maka dalam script saya lakukkan setting ntptime setiap 2 jam sekali.

Salah satu kelemahan dari project ini adalah tidak adanya printer 3D sebagai housing. Mungkin saya akan kembali menggergaji acrylic dan lem.

Tertarik ingin mencoba?

Terima kasih sudah membaca, semoga mendapatkan ide yang lebih baik lagi untuk berkreasi dengan ESP8266. Sampai bertemu di tulisan berikutnya.

 

Sources:

Driver MAX7219 Led Matrix “https://github.com/adafruit/micropython-adafruit-max7219”

Getting started micropython ESP8266 “https://docs.micropython.org/en/latest/esp8266/esp8266/quickref.html”

 

Facebook Comments
 

Leave a Reply