Super Simple Raspberry Pi Shutdown Button

, , 2 Comments

Sesuai dengan judul yang saya tulis, ini benar-benar super simple. Kita bisa membuatnya bahkan kurang dari 15 menit atau bahkan lebih cepat lagi.

Kita tahu kalau untuk menekan harga serendah mungkin board Raspberry Pi tidak dilengkapi dengan banyak fitur-fitur sekunder yang memang membantu tapi tidak essential, alias nice to have. Pertama, Raspberry Pi tidak memiliki modul RTC sehingga bergantung dari network untuk mendapatkan waktu yang akurat. Saat Pi offline, ya waktu kembali lagi ke timezone awal yaitu UK. Untuk menginstall RTC, caranya cukup mudah. Saya tuliskan bagaimana caranya disini.

Kedua, Raspberry Pi juga tidak memiliki tombol sederhana untuk melakukan on/off atau setidaknya off. Kalau kita lihat, CHIP bahkan memberikan tombol untuk off atau reset yang bisa diatur di level software. Tapi Raspberry Pi lagi-lagi tidak memberikan itu. Memang kita tahu kalau di board ada satu pasang pad tanpa header dengan label RUN. Kalau kita konsletkan (sambungkan kedua titik ini) maka Raspberry Pi akan mati. Lama kelamaan sd card kita bisa corrupt karena kita tidak melakukan proper shutdown.

Dalam tulisan kali ini saya ingin membagikan tips singkat untuk membuat shutdown button yang sangat cepat dari yang saya pernah coba sebelumnya. Saat button ini ditekan, maka serangkaian proses shutdown akan dilakukan hingga Raspberry Pi off. Cara ini berlaku untuk Raspberry Pi dengan 40 pin.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

ketikkan perintah ini di home directory ( /home/pi )

git clone https://github.com/adafruit/Adafruit-GPIO-Halt.git

setelah clone selesai, masuklah ke dalam direktori

cd Adafruit-GPIO-Halt

di dalam direktori ini terdapat 4 file. File utama adalah gpio-halt.c yang perlu dicompile. untuk melakukan complie cukup ketikkan

make

dan proses compiling berlangsung dengan cepat. Setelah proses selesai, maka terlihat file gpio-halt yang executable.

 

Script tersebut menggunakan GPIO pin nomor 21. Karena yang paling ujung dan bersebelahan dengan pin GND. Jadi ambil satu tactile switch/push button dan sambungkan satu sisi kaki ke GPIO 21 dan kaki lainnya ke GND.

Kalau belum yakin apakah buttonnya berfungsi, tes dulu dengan python. Kalau yakin langsung saja coba gpio-halt dengan mengetikkan:

sudo ./gpio-halt

Seketika windows akan banyak ditutup dan muncul teks shutdown dan Raspberry Pi off.

Langkah terakhir adalah memasukkannya dalam /etc/rc.local agar script ini terus memonitor status dari GPIO 21.

sudo nano /etc/rc.local

tambahkan baris berikut ini sebelum exit 0 (lihat post ini untuk informasi lebih lanjut tentang /etc/rc.local).

sudo /home/pi/Adafruit-GPIO-Halt/./gpio-halt &

Restart Raspberry Pi dan silahkan dicoba. Sangat mudah.

Shutdown button ini saya gunakan di hampir semua Raspberry Pi board yang saya gunakan untuk berbagai project misalnya project game console retropie, temperature dan RH logger webserver, NOIR camera, rover robot dll.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Source:

“https://github.com/adafruit/Adafruit-GPIO-Halt”

Facebook Comments
 

2 Responses

Leave a Reply