Menambahkan Modul Real Time Clock

, , 2 Comments

Modul Real Time Clock (RTC) sangat berguna jika project kita membutuhkan penunjuk waktu yang tidak tergantung dengan network. Atau ada kalanya kita tidak berada dalam network tapi membutuhkan pencatatan waktu (timestamp) yang akurat. Demi alasan agar harga Raspberry Pi dapat ditekan seminimal mungkin, Raspberry Pi tidak menyertakan chip RTC (real time clock) di semua boardnya. Namun demikian, ada banyak modul RTC yang bisa dibeli di tokopedia dengan harga kisaran 18,000 – 30,000 (termasuk baterai). Instalasi modul ini mudah dan cepat.

Modul RTC DS3231

Saya menggunakan modul RTC pada project yang saya beri nama “Portable Little Gadget” yang salah satu fungsinya adalah penunjuk waktu, alias jam digital. Tanpa RTC, jam ini hanya berguna jika berada di dalam network. Yang artinya gadget ini tidak portable.

Modul RTC DS3231 memiliki presisi waktu yang tinggi. Modul ini menggunakan interface I2C (Inter-Integrated Circuit) yang mentransmisikan data melalui dua jalur yaitu SDA (Serial Data Line) dan SCL (Serial Data Clock) . Modul ini menggunakan power 5 volt. Jika ditambah dengan Ground, maka kita hanya membutuhkan 4 kabel saja untuk menghubungkan dengan Raspberry Pi. Skema rangkaiannya bisa dilihat diillustrasi berikut ini:

 

Secara default interface I2C di Raspberry Pi tidak aktif. Untuk itu, kita perlu mengaktifkannya dengan masuk ke raspi-config. Dari terminal, ketikkan perintah berikut:

sudo raspi-config

pilih menu no.5 Interfacing Options, lalu pilih nomor P5. I2C, lalu pilih YES/OK untuk mengaktifkannya. Lakukan reboot untuk mengaktifkan interface I2C. Setelah reboot, apabila dicek, maka dalam /etc/modules akan hanya ada satu entry yaitu i2c-dev.

Selanjutnya kita perlu mendeteksi ada/tidaknya device dengan interface I2C. Untuk itu kita perlu menginstall paket i2c-tools dengan perintah berikut dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

sudo apt-get install i2c-tools

Cara mendeteksi apakah koneksi antara Raspberry Pi dan device yang terhubung dengan I2C adalah dengan mengetikkan perintah ini:

sudo i2cdetect -y 1

Layar akan menampilkan gambar sebagai berikut sebagai tanda bahwa device dengan interface I2C sudah terdeteksi. Address dari I2C device RTC ini adalah 0x68, FYI.

Selanjutnya edit file /boot/config.txt dengan menuliskan perintah ini di terminal:

sudo nano /boot/config.txt

Scroll hingga bagian akhir (atau di area optional hardware interfaces) dan tambahkan baris berikut ini. Save dengan Ctrl-O, diikuti enter, lalu Ctrl-X untuk exit. Lalu reboot Raspberry Pi.

dtoverlay=i2c-rtc,ds3231

 

Dengan adanya modul RTC kita tidak lagi memerlukan fake-hwclock. Uninstall seluruhnya dengan perintah dibawah ini

sudo apt-get purge fake-hwclock

Saya asumsikan kita masih terhubung dengan internet dan waktu di Linux didapatkan dari daemon NTP (Network Time Protocol). Sekarang kita perlu untuk mencocokan waktu di modul dengan waktu di Linux. Tuliskan perintah ini untuk membuat waktu current (di Linux) sama dengan waktu di hardware (modul)

sudo hwclock -w

Jika kita sudah berada di timezone yang benar, kita tidak perlu lagi menyesuaikan. Tapi apabila belum, sesuaikan timezone dengan mengetikkan

dpkg-reconfigure tzdata

Langkah terakhir adalah memasukkan setup ini kedalam rc.local agar system menggunakan hardware clock setiap kali boot, bukan menggunakan system clock.

sudo nano /etc/rc.local

dan baris ini sebelum exit 0 untuk memberitahu Linux agar menggunakan clock dari hardware/modul RTC.

sudo /sbin/hwclock -s

Untuk testing apakah modul RTC berfungsi baik, matikan semua network, atau bawa Pi diluar network atau edit access point name/password di wpa_supplicant.conf lalu restart Raspberry Pi. Ini adalah foto dari project saya yang dilengkapi dengan RTC.

Project: Portable Little Gadget

Selamat mencoba. Silahkan like, berikan komentar dan share tulisan ini jika berguna. Terima kasih.

 

There no such new thing under the sun, here are my learning source:

“http://www.raspberrypi-spy.co.uk/2015/05/adding-a-ds3231-real-time-clock-to-the-raspberry-pi/”

“https://trick77.com/adding-ds3231-real-time-clock-raspberry-pi-3/”

 

Facebook Comments
 

2 Responses

Leave a Reply