Project: Mini Event Reminder

, , Leave a comment

Tujuan dari project ini adalah memberikan reminder tentang kegiatan yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Fungsinya mengadopsi dari widget yang hanya menampilkan informasi ringkas tentang apa yang sudah dijadwalkan.

Secara sederhana, Raspberry Pi akan membaca isi dari Google Calendar tentang kegiatan yang sudah dijadwalkan, lalu mengambil informasi itu melalui Google API dan menampilkannya dilayar. Display yang saya gunakan adalah Nokia 5110. Lihat post sebelumnya tentang bagaimana mensetup LCD Nokia 5110 (link)

Mini Event Reminder dengan Nokia 5110 dan RTC

Untuk menambah kegunaan dari mini reminder ini, saya tambahkan fitur clock yang diletakkan di kanan atas. Apabila waktu sekarang menunjukkan 5 menit sebelum current event selesai, maka Mini Reminder akan mencari event selanjutnya.

Mini Reminder ini membutuhkan koneksi internet untuk membaca dan mengambil data dari Google. Tapi fitur clock tidak membutuhkan internet karena adanya modul RTC (=Real Time Clock). Lihat tulisan saya tentang menambahkan modul RTC di Raspberry Pi (link).

Saat Mini Reminder diletakkan di atas meja kantor, maka kita tidak perlu buka-buka HP untuk melihat agenda berikutnya.

 

Facebook Comments
 

Leave a Reply