Catatan lain tentang ASUS Tinker Board

, , 2 Comments

Posting ini menuliskan tentang hal-hal lain yang ditemukan selama pengetesan ASUS Tinker Board yang saya kategorikan dalam beberapa bagian. Posting ini belum bersifat final, setiap pembelajaran baru akan dituliskan disini.

#Hardware

Kebutuhan Spesifikasi Monitor

Tinker board membutuhkan layar dengan refresh rate yang tinggi. Jika kita menggunakan monitor komputer standar dengan refresh rate 60 Hz maka tidak ada yang ditampilkan di layar. Monitor mengatakan out of range. Monitor dengan 75Hz hanya bisa menampilkan resolusi 800×600. Untuk TV dengan resolusi Full HD tidak ada masalah.

 

 

CPU Clock on Paper vs. Reality

Seperti yang di beritakan. ASUS Tinker Board memiliki CPU dengan kecepatan 1.8 GHz. Jika kita lihat ternyata clock hanya diset 1.2 GHz. Belum ada cara untuk menaikkan clock CPU ke tingkat maksimumnya. Bukan overclock, hanya ke design clock.

#Operating System

ANNOYING FORCED LOGOUT

Ada yang aneh dengan Tinker OS versi 1.8. Pada kondisi ready setelah boot, saya temukan ada proses yang berjalan di background membuat desktop blank (hitam) untuk beberapa detik dan kembali menyala. Saat kembali menyala yang ada adalah layar login. Sepertinya proses dibackground ini memaksa user untuk log out. Ini terjadi setiap kali boot dan restart bahkan pada saat kita beraktivitas didalam Tinker OS. Hal ini sangat-sangat menganggu karena pada saat kita kembali login (akibat forced logout), semua window tertutup tidak ada yang tersimpan, artinya kita harus memulai lagi dari awal. Forced log out ini seperti terjadi random, bahkan pada saat CPU load sangat rendah.

Message ini yang keluar pada saat logout yang terlihat dari log kernelnya.

 

 

 

Facebook Comments
 

2 Responses

Leave a Reply