Project: WordPress stat panel

, , Leave a comment

Project ini terinspirasi dari widget WordPress di Android dan juga di IOS. Dengan tampilan sederhana, kita bisa melihat informasi statistik tentang jumlah visitor, berapa banyak halaman yang di akses dan lain sebagainya. Artinya wordpress memiliki API (=Application Program Interface) untuk statistik tersebut dan dapat diakses oleh penggunanya.

Salah satu kelebihan dari Raspberry Pi dibandingkan dengan microcontroller board, Raspberry Pi adalah sebuah komputer, full-fledged desktop computer yang dapat dengan mudah terhubung ke internet. Dengan memori yang besar, data dapat didownload dan disimpan di Raspberry Pi untuk diproses dengan mudah. Oleh karena itu Raspberry Pi cocok untuk pekerjaan yang terkait dengan API, apabila dibandingkan dengan menggunakan microcontroller board.

Tahapan pertama yaitu input bertujuan menarik data dari API yang ada di web. WordPress memiliki API statistik yang bisa diakses dari https://stats.wordpress.com/csv.php dalam link tersebut disertai panduan tentang bagaimana melakuan query. Untuk dapat menggunakannya, kita perlu memiliki API Key. Karena API Key ini adalah unique ID untuk mengakses account wordpress yang diinginkan. Ada beberapa tahapan untuk mendapatkan API Key:

  1. Install Plugin Jetpack
  2. Aktifkan Akismet
  3. Masuk ke Setting Akismet, pilih Get API Key.
  4. Pilih Pricing Plan untuk Akismet. 0 (nol) bayar pun bisa, tapi hanya untuk home user saja. Jadi kalau blognya untuk bisnis/komersil, jangan lupa pilih pricing plan yang setara.

Proses selanjunya adalah memilah dan menghitung data yang didapatkan dari API. Saya menggunakan Python untuk melakukan parsing data dan melakukan perhitungan sederhana untuk mendapatkan jumlah visitor hari ini, dan satu hari sebelumnya (=kemarin). Dalam script ini, saya lakukan penjadwalkan kapan mendownload informasi dari API, karena tidak begitu penting untuk melakukannya setiap saat. Saat ini saya coba lakukan tiap jam. Selama kurun jam itu, tidak ada proses download dan data yang ditampilkan adalah ada yang terakhir diproses.

Begitu data final sudah didapatkan, tahapan terakhir adalah menampilkan ke display. Kalau cuman tampil di layar komputer sudah biasa dan boring. Untuk itu saya pilih menggunakan display seven segment dengan chip MAX7219. Bentuknya unik, kecil sehingga cukup untuk menampilkan informasi statistik sederhana.

Raspberry Pi yang saya gunakan adalah Raspberry Pi Zero W. Dan sevensegment displaynya sudah dipersiapkan untuk tinggal tancap saja ke GPIO header sehingga sangat kecil dan rapi, tanpa kabel bersliweran.

Ini adalah hasil finalnya, WordPress Stat Panel dengan Pi Zero W dan 7-segment display.

 

Facebook Comments
 

Leave a Reply