First Impression: Pi Camera NOIR

, , 2 Comments

Raspberry Pi memiliki dua jenis modul kamera yaitu standar dan kedua NOIR. Kedua modul kamera tersebut sekarang sudah sampai di versi kedua. Versi pertama hanya dibekali sensor dengan resolusi 5 MP sedangkan versi kedua memiliki resolusi 8 MP. Dan tidak hanya itu, versi kedua sudah menggunakan sensor SONY sehingga gambar yang didapatkan lebih tajam dan memiliki sensisitivitas lebih tinggi terhadap cahaya.

Saya bersyukur bisa memiliki kedua jenis modul kamera tersebut. Untuk modul standard masih versi pertama, namun modul NOIR sudah versi kedua. Modul kamera standar saya gunakan untuk eksperimen OpenCV dengan Python dan modul NOIR ini memang saya idam-idamkan untuk menjadi point-shoot camera untuk IR Photography.

Selama ini IR Photography didominasi oleh kamera DSLR. Untuk memulai IR Photography memerlukan modal yang cukup besar. Mengapa demikian?. Pertama karena setiap photographer yang ingin masuk ke dunia IR Photography harus punya satu DSLR yang akan diconvert menjadi IR sehingga dan satu DSLR standar yang lain. Kedua, mereka perlu dana untuk mengkonversi kamera menjadi IR. Jadi keinginan tersebut sudah pupus akibat mahalnya modal untuk IR Photography.

Sampai akhirnya modul Raspberry Pi ini muncul dengan harga yang sangat terjangkau. Isi paketnya adalah modul kamera, kabel flexible, focus ring dan blue filter. Pada awalnya saya tidak tahu apa gunanya focus ring dan blue filter. Ternyata kedua hal itu sangat berguna, utamanya blue filter untuk menghasilkan foto IR yang saya idamkan.

Box Picamera NOIR

Sebelumnya saya sudah membuat point-shoot camera dengan Raspberry Pi 3, LCD 3.5 inch, Pi Camera dan custom button untuk mengoperasikan photo, video, preview bahkan shutdown button. Cukup colok saja dengan power, dan pasta! camera berfungsi. Saat mengoperasikan, cukup pasang satu flashdisk dan hasil foto/video akan disimpan langsung ke flashdisk sehingga memudahkan untuk transfer kemana saja.

Konstruksi modul kamera yang ada diluar memang disiapkan untuk dapat digonta-ganti (interchangeable) dengan modul NOIR. Berikut ini adalah final assemblynya, pi camera + camera mount + blue filter.

 

Pi Camera NOIR + Official Camera Mount + Blue Filter

Blue filter diperlukan untuk membuat warna hijau daun menjadi pudar, pucat dan terang. Alasan biologinya bisa dibaca disini (link). Dalam IR photography, warna pucat dari daun yang dicari karena akan timbul kontras antara langit, air dan daun yang akan membuat foto lebih menarik. Berikut ini saya perlihatkan hasil bidikan Raspberry Pi Camera NOIR dengan blue filter.

Tips & Trik #1. Pi Camera memiliki nilai fixed F/2.0 dan manual focus, jadi pastikan dulu gambar infocus sebelum menutup bagian lensa dengan blue filter. Cara paling gampang adalah menyambungkan Raspberry Pi dengan TV besar kemudian lakukan preview camera. Maka gambar akan terlihat besar di TV. Taruh sebuah 3-4 meter didepan kamera lalu ambil adjustment focus ring dan putar ke kanan/kiri sampai gambar object mencapai fokus tertinggi.

Tips & Trik #2. Pi Camera NOIR lebih baik digunakan di siang hari dan diluar ruangan Malam hari tidak akan terlihat efek yang diinginkan. Radiasi Inframerah paling banyak memang pada tengah hari. Namun porsi radiasi inframerah dalam spektrum paling banyak pada pagi hari (kira-kira hingga pukul 10 pagi), atau sore (setelah pukul 3 sore). Sehingga warna daun akan terlihat lebih pucat karena aktifitas fotosintesis yang tinggi di waktu-waktu tersebut.

Tips & Trik #3. Untuk menambah punch ke hasil akhir, edit sederhana saja seperti Hue/Saturation dan Contrast. Jadikan B/W photo untuk nuansa yang lebih moody. Kita tidak bisa mengedit terlalu jauh seperti Color Channel Swap karena Raspberry Pi tidak mensupport RAW Capture. Tapi dengan hasil bidikan ini, Pi Camera NOIR sudah sangat baik untuk IR Photography.

Foto-foto diatas langsung diambil dan tidak diedit. Bagi saya ini sudah sangat baik. Kehadiran Pi Camera NOIR memungkinan kita memiliki pocket camera untuk IR Photography. Dengan modal sangat kecil (dibandingkan dengan konversi DSLR), kita sudah bisa mengeksplore IR Photography. Selanjutnya tinggal kreatifvitas kita saja.

Any comments??

Facebook Comments
 

2 Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.