Getting Started with Pi Camera

, , 1 Comment

Getting started dengan Pi Camera

Tulisan ini adalah dasar tentang pengoperasian Pi Camera yang dibagi dalam dua bagian. Pertama adalah bagian instalasi. Dan kedua adalah bagian programming.

Bagian I. Instalasi Pi Camera

Saat membeli Pi Camera, tanyakan ke penjual apakah harga sudah termasuk paket kabel flexibelnya. Karena kabel flexible ini satu-satunya cara untuk menghubungkan modul Pi Camera dengan Raspberry Pi. Bagi yang menggunakan Pi Camera untuk pertama kalinya, saran saya adalah lakukan pemasangan dengan hati-hati agar tidak merobek kabel flex ataupun mematahkan bagian pengunci di slot kamera. Ujung kabel flex memiliki dua sisi yang berbeda. Satu sisi diberi stiker warna biru/hitam dan sisi lainnya terlihat lapisan kontak berwarna silver.

Kabel interface pada Raspberry Pi. Stiker biru menghadap LAN port

Untuk yang nempel di Raspberry Pi board, sisi stiker biru/hitam menghadap ke port LAN, dengan kata lain sisi silver menghadap HDMI.

Kabel interface pada Modul Kamera. Sisi contact menghadap lensa kamera

Catatan: angkat pelan-pelan mekanisme pengunci kabel, karena cukup ringkih. Ungkit dari sisi kanan lalu kiri bergantian hingga pengunci terangkat.

Untuk bagian yang menempel di camera board, sisi stiker biru/hitam menghadap ke bagian pengunci. Dan sisi kontak menghadap ke lensa. Jika sudah terinstall, kita langsung coba fungsi kameranya.

Bagian II. Script Python untuk Pi Camera For First Time

Pertama, aktifkan dulu interface camera di Raspberry Pi Configuration. Setelah itu lakukan restart.

Setelah itu lakukan instalasi library python

sudo apt-get upgrade
sudo apt-get install python-picamera

untuk mencoba pertama kali, buka Python dan ketikkan berikut di shell

from picamera import PiCamera
camera=PiCamera()

untuk memotret untuk pertama kalinya,

camera.capture('image.jpg')

image.jpg akan disimpan di /home/pi

kemudian, untuk merekam video gunakan perintah ini start_recording. Sedikit catatan, untuk perintah start_recording, maka layar akan seketika dipenuhi oleh gambar yang direkam. Kita perlu memberikan batasan berapa lama recording akan dilakukan. Sebaiknya membuat sebuah fungsi terlebih dahulu.

import time
def rekam_video():    
    camera.start_recording('video.h264')    
    time.sleep(10)    
    camera.stop_recording

untuk menjalankannya ketikkan

rekam_video()

Gunakan beberapa parameter ini untuk beberapa pengaturan/setting:

camera.resolution=(w,h) untuk mengatur berapa besaran resolusi yang kita inginkan. Berikut ini adalah tabel resolusi dari picamera versi 2.

klik untuk menuju ke halaman dokumentasi asal

camera.rotation=90,180,270,0 untuk merotasi gambar yang ditangkap oleh kamera. fungsi ini dipakai jika dalam setup posisi kamera, gambar bisa jadi terbalik dan bisa dikoreksi dengan fungsi ini.

Selamat mencoba.

Facebook Comments
 

One Response

Leave a Reply