Raspberry Pi + LCD 3.5 inch

, , 7 Comments

The post is in Indonesian. If no English listed, select Indonesian first, then select English at the top of the list

***

Kali ini saya mencoba untuk menambahkan layar LCD untuk Raspberry Pi yang terhubung melalui GPIO, bukan HDMI atau AV. Alasannya cukup simple, yaitu untuk integrasi sehingga Raspberry Pi terlihat lebih menarik, seperti laptop ukuran sangat kecil. Saya browsing di tokopedia dan menemukan banyak toko yang menjual LCD, dan dengan mudah menemukan toko yang menjual lebih murah dari yang lain. Tidak hanya itu, paket penjualannya termasuk casing acrylic dan stylus.

Sempat saya ingin membeli PiTFT dari adafruit, tapi harga terlalu mahal karena ongkos kirim yang membuat harga menjadi 2x lipat. Jadi saya membeli LCD alternatif, yaitu Waveshare LCD 3.5 Inch. Secara bentuk bagus, dan pas dengan dimensi Raspberry Pi 3 dan Pi 2. Secara harga, LCD ini tidak lebih dari Rp. 300,000.

Cara memasangkannya sangat mudah, cukup dengan menancapkan female pin header LCD ke Raspberry Pi. Screen ini menggunakan koneksi SPI, sehingga tidak menutup seluruh GPIO pin Raspberry Pi, sehingga masih ada slot GPIO yang terbuka untuk digunakan. Screen ini juga saya coba di Raspberry Pi Zero.

LCD ini tidak dapat langsung digunakan, kita harus menginstall drivernya terlebih dahulu. Penjual memberikan link tentang menginstall drivernya. Menurut saya jelas, tetapi ada sedikit informasi yang kurang, sehingga saya perlu menuliskannya lagi.

Proses instalasi sebenarnya sangat mudah. Yang saya tuliskan disini adalah cara yang paling cepat dan paling mudah, yaitu menginstall driver LCD di Raspberry Pi dengan Raspbian yang sudah berjalan. Jadi kita tidak perlu mendownload image Raspbian yang diberikan oleh pabrik pembuat LCD karena membutuhkan waktu yang lama untuk download 1G data. Yang menghabiskan waktu dan kuota internet, belum lagi kalau download terputus sehingga perlu mengulangi proses.

Persyaratan penting untuk menginstall driver LCD di Raspbian ini adalah jika Raspbian diinstall dari image. Bukan dari NOOBS. Ya, bukan dari NOOBS tapi dari Raspbian Image (https://www.raspberrypi.org/downloads/raspbian/)

Kemungkinan besar karena NOOBS (secara default) sudah mengextend file system secara otomatis yang tidak disupport oleh driver LCD. Akibatnya, pada saat driver diinstall, maka Raspberry Pi tidak akan bisa boot.

Sedangkan kalau kita install dari image Rasbian, maka file system belum diextend. Oleh karena itu, jika Raspbian yang kamu miliki adalah hasil instalasi dari NOOBS, saran saya lakukan fresh install dari Raspbian image, karena nanti akan ada masalah dengan mounting file systems. Ini sudah saya coba di Pi3, Pi2 bahkan di Pi Zero.  Instalasi Raspbian dari NOOBS menghasilkan extended file system yang tidak disupport oleh driver LCD.

Setelah mendownload Raspbian image, maka gunakan Win32DiskImager dari Windows PC untuk write image tersebut ke micro sd card. Baru setelah itu kita lakukan instalasi driver LCD. Tahap instalasi berikut ini dilakukan langsung dari Raspberry Pi dengan LCD sudah terpasang di GPIO pin, keyboard & mouse terpasang di USB port Raspberry Pi dan terhubung dengan power. Tahapannya adalah sebagai berikut:

Pertama kita lakukan file system extension. Dari command line/terminal jalankan perintah

sudo raspi-config

Kemudian pilih Expand Filesystem (nomor 1) lalu tekan enter. Seketika, akan muncul prompt yang menyatakan file system sudah diexpand. Setelah itu lakukan restart Raspberry Pi.

Setelah restart dan masuk ke desktop, bukalah browser dan download driver di http://www.waveshare.com/w/upload/4/4b/LCD-show-161112.tar.gz

Atau jalankan perintah ini dari terminal

wget http://www.waveshare.com/w/upload/4/4b/LCD-show-161112.tar.gz

Extract filter tersebut dengan perintah

tar -xvzf LCD-show-161112.tar.gz

Kemudian masuk ke dalam folder LCD-show

cd LCD-show

kemudian install driver

./LCD35-show

Proses instalasi berjalan dengan cepat dan seketika Raspberry Pi akan restart. Tunggu beberapa saat dan layar LCD akan berubah menjadi hitam dan selanjutnya akan muncul desktop dan proses instalasi selesai. Touch screen juga bisa langsung digunakan.

Beberapa contoh penggunaan/use case LCD 3.5 ” ini antara lain:

  1. Membuat script atau mengedit script program atau dokumen
  2. Menjalankan program yang sudah dibuat tanpa harus menyalakan laptop/computer untuk mengeksekusinya
  3. Membuat program yang dioperasikan dengan layar sentuh
  4. Membuat game portable dengan retropie
  5. Membuat point-shoot camera

 

Pixel desktop dengan resolusi 720×480

Adapun demikian, LCD 3.5 ini tidak cocok untuk menonton media streaming dari Kodi berkualitas HD (apalagi 1080p) karena video akan terlihat patah-patah, Tapi cukup untuk melihat video youtube. Mungkin karena resolusi dari videonya, lain waktu akan saya explore lebih jauh.

Selamat mencoba…

***

Source:

http://www.waveshare.com/wiki/3.5inch_RPi_LCD_(A)

Facebook Comments
 

7 Responses

  1. Bhisma

    February 18, 2017 7:42 am

    Bagus sekali…sangat membantu…bisa dibantu untuk setting touch screen(kalibrasi) nya gmn y mas?terima kasih

    Reply
  2. fani

    August 23, 2017 9:53 pm

    Emmm…
    Mau nanya,klo qt udah make RetroPie trus mau pasang lcd langkah”y gmn ya?? Apa sama saja? Terimakasih om,

    Reply

Leave a Reply